Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah "Psikologi Pembelajaran" memperkenalkan mahasiswa pada kajian mendalam tentang interaksi antara psikologi dan proses pendidikan. Melalui pendekatan teoritis dan praktis, mata kuliah ini membahas konsep-konsep psikologis yang relevan dalam konteks pembelajaran dan pengajaran, termasuk teori belajar, perkembangan kognitif, motivasi, evaluasi, serta faktor-faktor psikologis yang memengaruhi pembelajaran. Mahasiswa akan mengembangkan pemahaman tentang bagaimana individu belajar, bagaimana perkembangan kognitif berlangsung, serta strategi-strategi pengajaran yang sesuai untuk mendukung keberhasilan belajar dan perkembangan peserta didik. Dengan demikian, mata kuliah ini memberikan landasan psikologis yang kuat bagi calon pendidik dalam merancang pendekatan pembelajaran yang efektif dan adaptif sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah "Psikologi Pembelajaran" memperkenalkan mahasiswa pada kajian mendalam tentang interaksi antara psikologi dan proses pendidikan. Melalui pendekatan teoritis dan praktis, mata kuliah ini membahas konsep-konsep psikologis yang relevan dalam konteks pembelajaran dan pengajaran, termasuk teori belajar, perkembangan kognitif, motivasi, evaluasi, serta faktor-faktor psikologis yang memengaruhi pembelajaran. Mahasiswa akan mengembangkan pemahaman tentang bagaimana individu belajar, bagaimana perkembangan kognitif berlangsung, serta strategi-strategi pengajaran yang sesuai untuk mendukung keberhasilan belajar dan perkembangan peserta didik. Dengan demikian, mata kuliah ini memberikan landasan psikologis yang kuat bagi calon pendidik dalam merancang pendekatan pembelajaran yang efektif dan adaptif sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan teori dan prinsip-prinsip psikologi dalam pembelajaran BIPA
- Ujian
- Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer
- Hamzah B. Uno. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Pearson
- Mayer, R. E. (2014). Multimedia Learning. Cambridge University Press
- Pekrun, R., & Linnenbrink-Garcia, L. (2014). International Handbook of Emotions in Education. Routledge
- Schunk, D. H. (2020). Learning Theories: An Educational Perspective. Pearson
- Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press
- Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
- Teacher: Shirly Rizki Kusumaningrum
- Enrolled students: 5
Guests cannot access this course. Please log in.