Enrolment options

Perilaku Konsumen
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C-03EC
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yanq relavan dalam proses pengambilan keputusan konsumen secara terpadu dalam strategi pemasaran. Berbagai pendekatan multidisiplin dikembangkan: psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian mulai dari faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan kelompok rujukan. Sedangkan dari faktor internal akan dibahas faktor sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi
Capaian Pembelajaran
  • Memahami apa itu perilaku konsumen, bagaimana memasarkan pada konsumen, dan pemanfaatan teknologi dalam memahami konsumen
  • Memahami konsumen sebagai seorang individu, bagaimana kepribadian, motivasi, persepsi, serta pembentukan dan pengubahan sikap konsumen
  • Memahami bagaimana berkomunikasi dengan berbagai jenis tipe konsumen
  • Memahami konsumen dalam lingkungan sosial dan budayanya
  • Memahami pengambilan keputusan konsumen, dan riset konsumen
Daftar Pustaka:
  • Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. 2010. Consumer behavior. Prentice Hall.
  • Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia
  • Chitturi, R., Raghunathan, R., & Mahajan, V. (2008). Delight by design: The role of hedonic versus utilitarian benefits. Journal of Marketing, 72(3), 48-63.
  • Hamin, & Elliott, G. (2006). A less-developed country perspective of consumer ethnocentrism and “country of origin” effects: Indonesian evidence. Asia pacific journal of marketing and logistics, 18(2), 79-92.
  • Blankson, C., Kalafatis, S. P., Cheng, J. M. S., & Hadjicharalambous, C. (2008). Impact of positioning strategies on corporate performance. Journal of Advertising Research, 48(1), 106-122.
  • Mohd Yasin, N., Nasser Noor, M., & Mohamad, O. (2007). Does image of country-of-origin matter to brand equity?. Journal of Product & brand management, 16(1), 38-48.
  • Wu, S. I. (2003). The relationship between consumer characteristics and attitude toward online shopping. Marketing Intelligence & Planning, 21(1), 37-44.
  • Goldsmith, R. E., Flynn, L. R., & Goldsmith, E. B. (2003). Innovative consumers and market mavens. Journal of Marketing theory and practice, 11(4), 54-65.
  • smith, R. E., Flynn, L. R., & Goldsmith, E. B. (2003). Innovative consumers and market mavens. Journal of Marketing theory and practice, 11(4), 54-65.
  • Webb, D. J., Green, C. L., & Brashear, T. G. (2000). Development and validation of scales to measure attitudes influencing monetary donations to charitable organizations. Journal of the academy of marketing science, 28(2), 299-309.
  • Shankar, S., Ormiston, C., Bloch, N., & Schaus, R. (2008). How to win in emerging markets. MIT Sloan Management Review, 49(3), 19
  • Bhatti, T. (1970). Exploring factors influencing the adoption of mobile commerce. The Journal of Internet Banking and Commerce, 12(3), 1-13.
Guests cannot access this course. Please log in.