Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
INT-INT
Deskripsi:
Mata kuliah ini ditujukan agar mahasiswa bioteknologi mampu berkomunikasi secara efektif baik di dalam komunitasnya maupun masyarakat luas, menguasai peran informasi, komunikasi, media dan interaksi sosial, ditambah lagi mahasiswa dibekali kemampuan literasi ilmiah khususnya penelitian di bidang bioteknologi dan mendapatkan keterbaruan topik dari pengolahan data bibliometrik. Pemahaman literasi tersebut akan menjadi inti pesan yang akan disampaikan baik secara verbal maupun non-verbal. Selain itu, komunikasi dengan menggunakan bahasa Internasional (inggris) turut menjadi kemampuan yang akan dimiliki mahasiswa seperti speaking, writing, reading, dan listening. Metode pembelajaran berupa diskusi, simulasi peran, permainan konstruktif, dan praktik aplikasi perangkat lunak. Mata kuliah ini akan menunjang beberapa poin dalam SDGs. Transfer ilmu pengetahuan melalui komunikasi efektif akan lebih cepat, akurat, dan mudah dipahami sehingga akan dapat menghasilkan inovasi dan infrastruktur yang baik serta menghasilkan masyarakat dan kota berkelanjutan berkesesuaian dengan SDGs nomor 4, 9 dan 11.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
INT-INT
Deskripsi:
Mata kuliah ini ditujukan agar mahasiswa bioteknologi mampu berkomunikasi secara efektif baik di dalam komunitasnya maupun masyarakat luas, menguasai peran informasi, komunikasi, media dan interaksi sosial, ditambah lagi mahasiswa dibekali kemampuan literasi ilmiah khususnya penelitian di bidang bioteknologi dan mendapatkan keterbaruan topik dari pengolahan data bibliometrik. Pemahaman literasi tersebut akan menjadi inti pesan yang akan disampaikan baik secara verbal maupun non-verbal. Selain itu, komunikasi dengan menggunakan bahasa Internasional (inggris) turut menjadi kemampuan yang akan dimiliki mahasiswa seperti speaking, writing, reading, dan listening. Metode pembelajaran berupa diskusi, simulasi peran, permainan konstruktif, dan praktik aplikasi perangkat lunak. Mata kuliah ini akan menunjang beberapa poin dalam SDGs. Transfer ilmu pengetahuan melalui komunikasi efektif akan lebih cepat, akurat, dan mudah dipahami sehingga akan dapat menghasilkan inovasi dan infrastruktur yang baik serta menghasilkan masyarakat dan kota berkelanjutan berkesesuaian dengan SDGs nomor 4, 9 dan 11.
Capaian Pembelajaran
- 1. Memahami konsep dasar-dasar komunikasi
- 1. Memahami konsep dasar-dasar komunikasi
- 2. Memahami proses komunikasi efektif
- 2. Memahami proses komunikasi efektif
- 3. Memahami faktor penghambat dan pendukung dalam komunikasi
- 3. Memahami faktor penghambat dan pendukung dalam komunikasi
- 4. Memahami konsep mendengarkan dan sikap komunikasi
- 4. Memahami konsep mendengarkan dan sikap komunikasi
- 5. Menginvestigasi komunikasi
- 5. Menginvestigasi komunikasi
- 6. Menyusun komunikasi sains dengan style dan infografik sumber berbahasa inggris
- 6. Menyusun komunikasi sains dengan style dan infografik sumber berbahasa inggris
- 7. Memahami literasi sains
- 7. Memahami literasi sains
- 8. Memahami kaidah dan etika dalam penulisan artikel ilmiah
- 8. Memahami kaidah dan etika dalam penulisan artikel ilmiah
- 9. Menelaah sumber tulisan dalam jurnal berbasis bioteknologi
- 9. Menelaah sumber tulisan dalam jurnal berbasis bioteknologi
- 10. Memahami teknik pengumpulan artikel ilmiah, daftar bibliografi, dan menganalisis keterbaruan topik melalui pemanfaatan perangkat lunak
- 10. Memahami teknik pengumpulan artikel ilmiah, daftar bibliografi, dan menganalisis keterbaruan topik melalui pemanfaatan perangkat lunak
- 11. Melatih dalam memahami komunikasi menggunakan bahasa inggris berbasis konsep bioteknologi
- 11. Melatih dalam memahami komunikasi menggunakan bahasa inggris berbasis konsep bioteknologi
- 12. Menyusun perangkat komunikasi (verbal dan non-verbal) yang Menyusun perangkat komunikasi (verbal dan non-verbal) yang terorganisasi dalam bahasa inggris berbasis bioteknologi
- 12. Menyusun perangkat komunikasi (verbal dan non-verbal) yang Menyusun perangkat komunikasi (verbal dan non-verbal) yang terorganisasi dalam bahasa inggris berbasis bioteknologi
- 2. Bailey, S. 2014. Academic Writing: A Handbook for International Students, Third edition. Routledge. Taylor & Francis e-Library
- 4. Bambang Trimansyah. 2018. Handout Taktis Menulis Artikel Ilmiah di Majalah/Jurnal Ilmiah disajikan dalam “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah di Majalah/Jurnal Ilmiah” untuk Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dan Aeroakustika, BPPT
- 1. [Springer]. 2023. Teaching Science Students to Communicate: A Practical Guide. Rowland S, Kuchel L (editor). Cham (CH) : Springer Nature Switzerland
- 3. Mikrajudin Abdullah. 2011. Tuntunan Praktis Menulis Makalah Untuk Jurnal Ilmiah Internasional, ITB
- 5. [World scientific Series]. 2020. Science Communication: An Introduction. Frans Van Damn, Bakker L, Dijkstra AM, Jensen EA (editor). London (UK) : World Scientific Publishing.
- 6. Campbell, Neil A., Mitchell, and Reece. 2009. Biology, Concepts and Connection. 9 th Edition. California: Benjamin Cummings Publishing Company.
- Teacher: Ratna Juwita
- Teacher: KARKONO KARKONO
- Enrolled students: 10
Guests cannot access this course. Please log in.