Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-AB
Deskripsi:
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah penyusunan tes potensi dan prestasi dalam konteks pendidikan. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan menganalisis kontruksi tes potensi dan prestasi dan beberapa teori pendekatan yang terkait. Mata kuliah ini juga menguraikan ruang lingkup pengukuran psikologi, prinsip, prosedur, dan konsep teoritik pada tes potensi. Mata kuliah ini juga menguraikan konsep tentang pengukuran, jenis-jenis skala kognitif, kriteria skala psikologi yang baik, konsep dan cara mengestimasi validitas & reliabilitas, terampil melakukan analisis butir skala kognitif. Pada mata kuliah ini mahasiswa diminta mengembangkan tes potensi dan prestasi mulai dari mengembangkan konstruk, kisi, format dan tipe aitem tes potensi serta menyusun kisi-kisi dan butis soal tes prestasi. Selain itu mahasiswa juga juga mengevaluasi butir soal maupun butir aitem, makna skor, validitas dan reliabilitas aitem, dan validitas dan reliabilitas pengukuran tes. Pada akhirnya dalam mata kuliah ini mahasiswa diminta menciptakan alat tes potensi dan prestasi beserta booklet dan manual serta instruksi tes yang telah dibuat sebelumnya.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-AB
Deskripsi:
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah penyusunan tes potensi dan prestasi dalam konteks pendidikan. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan menganalisis kontruksi tes potensi dan prestasi dan beberapa teori pendekatan yang terkait. Mata kuliah ini juga menguraikan ruang lingkup pengukuran psikologi, prinsip, prosedur, dan konsep teoritik pada tes potensi. Mata kuliah ini juga menguraikan konsep tentang pengukuran, jenis-jenis skala kognitif, kriteria skala psikologi yang baik, konsep dan cara mengestimasi validitas & reliabilitas, terampil melakukan analisis butir skala kognitif. Pada mata kuliah ini mahasiswa diminta mengembangkan tes potensi dan prestasi mulai dari mengembangkan konstruk, kisi, format dan tipe aitem tes potensi serta menyusun kisi-kisi dan butis soal tes prestasi. Selain itu mahasiswa juga juga mengevaluasi butir soal maupun butir aitem, makna skor, validitas dan reliabilitas aitem, dan validitas dan reliabilitas pengukuran tes. Pada akhirnya dalam mata kuliah ini mahasiswa diminta menciptakan alat tes potensi dan prestasi beserta booklet dan manual serta instruksi tes yang telah dibuat sebelumnya.
Capaian Pembelajaran
- 1. Menganalisis konsep pengukuran, ruang lingkup pengukruan psikologi, konsep teotirik dan pendekatan yang terkait Tes Potensi dan Prestasi
- 2. Mengevaluasi fungsi aitem, validitas dan reliabilitas aitem, dan validitas dan reliabilitas pengukuran pada tes potensi
- 3. Mengembangkan konstrak tes potensi, kisi-kisi, format dan tipe aitem, booklet dan manual, dan menyusun instruksi tes
- 4. Mengembangkan tes prestasi, menyusun kisi-kisi, penulisan butir soal tes prestasi
- 5. Mengevaluasi butir soal, makna skor, validitas dan reliabilitas aitem, dan validitas dan reliabilitas pengukuran pada tes prestasi
- 1. Adams, R.J. & Kho, Seik-Tom (1996) : Acer quest version 2.1 Camberwell, Victoria: The Ausralian Counsil for Educational Research
- 2. Aiken, L. R. (1985): Psychological Testing and Assessment (5th edition), Boston: Allyn and Bacon, Inc.
- 3. Allen, M.J. & Yen, W.M. (1979): Introduction to Measurement Theory, Monterey: Brooks/Cole Publishing Company.
- 4. Aneshensel, C.S. (2004): Measurement : Reliability, Validity, and Associations. Paper. The University of California, Los Angeles.
- 5. Azwar, S. (2016): Konstruksi Tes Kognitif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- 6. Azwar, S. (2007): Tes Potensi Akademik Seri-07A, Seri-07B, dan Seri-07SV. Yogyakarta: Sigma Alpha.
- 7. Azwar, S. (2012): Reliabilitas dan Validitas (edisi ke 4), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- 8. Crocker, L. & Algina, J. (1986): Introduction to Classical and Modern Test Theory, Forth Worth: Holt, Rinehart, and Winston, INC.
- 9. Hambleton, RK., Swaminathan, H., & Rogers, H.J. (1991): Foundamentals of item response theory. Newbury Park: Sage Publication.
- 10. Stark, S., Chenryshenko, S., Chuah, D.,Wayne Lee, & Wilington, P (2001): IRT modelling lab: IRT tutorial. Urbana: University of Illions.
- 11. Stark, S., Chenryshenko, S., Chuah, D.,Wayne Lee, & Wilington, P (2001): IRT modelling lab: Test Development Using Classical Test Theory. Urbana: University of Illions.
- 12. Thorndike, R.L. (1982): Applied Psychometrics, Boston: Houghton Mifflin Company.
- 13. Weiss, D. J. (in Press 2011): Item Banking, Test Development, and Test Delivery, The APA Handbook on Testing and Assessment, Washington DC: American Psychological Association.
- 14. Wright, B.D. (1999). Rasch measurement model. In G. N. Masters & J. P. Keeves (Eds.), Advances in measurement in educational research and assessment. Amsterdam: Pergamon-Elsevier Science.
- 15. Wright, B.D. & Master, G.N. (1999): Rating scale analysis. Chicago: Mesa Press.
- Teacher: Ike Dwiastuti
- Enrolled students: 11
Guests cannot access this course. Please log in.