Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-AB
Deskripsi:
Matakuliah Psikologi Klinis Makro adalah salah satu mata kuliah yang mengkaji aspek-aspek makro dalam bidang psikologi klinis. Fokus utama dari matakuliah ini adalah pemahaman dan analisis terhadap keterkaitannya dengan berbagai bidang ilmu serta faktor-faktor sosial, budaya, dan institusional yang mempengaruhi kesehatan mental dan masalah psikologis dalam masyarakat secara luas.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-AB
Deskripsi:
Matakuliah Psikologi Klinis Makro adalah salah satu mata kuliah yang mengkaji aspek-aspek makro dalam bidang psikologi klinis. Fokus utama dari matakuliah ini adalah pemahaman dan analisis terhadap keterkaitannya dengan berbagai bidang ilmu serta faktor-faktor sosial, budaya, dan institusional yang mempengaruhi kesehatan mental dan masalah psikologis dalam masyarakat secara luas.
Capaian Pembelajaran
- 1. Mahasiswa mengevaluasi konsep keterkaitan psikologi klinis dengan kesehatan masyarakat dan berbagai bidang ilmu
- 2. Mahasiswa menganalisis kebutuhan prevensi dan intervensi pada korban kekerasan, klien dan pihak yang membutuhkan
- 3. Mahasiswa menciptakan program pertumbuhan diri dan kesehatan mental masyarakat melalui berbagai pendekatan
- Richards, T. W. (1946). Modern Clinical Psychology. McGraw-Hill Book Company Inc.
- Plante, T.G. (2011). Contemporary Clinical Psychology. 3 rd ed. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc
- Tarescavage, A. M. (2020). Science Wars II: The insidious influence of postmodern ideology on clinical psychology (commentary on “Implications of ideological bias in social psychology on clinical practice”). Clinical Psychology: Science and Practice, 27(2), 1–4. https://doi.org/10.1111/cpsp.12319 .
- Baker, M., & Nash, J. (2011). Women entering clinical psychology: Q-sort narratives of career attraction of female clinical psychology trainees in the UK. Clinical Psychology and Psychotherapy, 20(3), 246–253. https://doi.org/10.1002/cpp.788
- Prawitasari, J. E. (2003). Psikologi Klinis: Dari Terapan Mikro ke Makro. Anima, Indonesian Psychological Journal, 18(3), 215–228.
- Clark, L. A., Cuthbert, B., Lewis-Fernández, R., Narrow, W. E., & Reed, G. M. (2017). Three approaches to understanding and classifying mental disorder: ICD-11, DSM-5, and the National Institute of Mental Health’s Research Domain Criteria (RDoC). Psychological Science in the Public Interest, 18(2), 72–145. https://doi.org/10.1177/1529100617727266
- Madjirova, N. P. (2005). Psychopathology: psychophysiological and clinical aspects. ISBN
- WHO. (1992). The ICD-10 Classification of Mental and Behavioural Disorders.
- DePanfilis, D. (2006). Child neglect: A guide for prevention, assessment, and intervention. U.S. Department of Health and Human Services.
- WHO. (1994). Lexicon of psychiatric and mental health terms (2nd ed.). WHO. https://doi.org/10.1016/0005-7967(90)90104-q Rector, N. A., Bourdeau, D., Kitchen, K., & Joseph-Massiah, L. R. (2008). Anxiety disorders an information guide Anxiety disorders An information guide. Centre for Addiction and Mental Health.
- Teacher: Hanggara Budi Utomo
- Enrolled students: 13
Guests cannot access this course. Please log in.