Enrolment options

Pemasaran Digital dalam Pariwisata
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan konsep Pemasaran Digital. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengikuti perkembangan teknologi, strategi pemasaran baru yang lebih up-to-date dan efektif yang dibutuhkan agar dapat menyentuh lapisan konsumen yang lebih luas. Dengan mempelajari Digital marketing dalam pariwisata, mahasiswa tidak hanya mempelajari tentang teknik-teknik pemasaran yang efektif di era digital, melainkan juga konsep-konsep psikologi, antropologi, dan juga multimedia. Mahasiswa diberikan pemahaman perihal memberikan pengetahuan pemasaran dan keterampilan kritis yang mendasar dalam analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi efektif dalam industri pariwisata. Selain itu, mahasiswa juga mampu memahami cara-cara mempromosikan pariwisata melalui media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat, cepat, personal, dan relevan. Perkuliahan dilakukan secara student centered learning, yang berorientasi pada teori dan praktek. Penilaian dilakukan dengan aktivitas perkuliahan, penugasan dan ujian baik UTS ataupun UAS yang diberi kepada mahasiswa
Capaian Pembelajaran
  • Mengaplikasikan teori kepariwisataan dengan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan, kearifan lokal, serta penggunaan Teknologi Tepat Guna dalam pengembangan dan pengelolaan pariwisata
  • Memiliki tanggung jawab sosial, profesionalisme, etika, serta adaptif dan inovatif terhadap perkembangan pariwisata dengan kemampuan literasi sehingga berdaya saing tinggi
  • Mempunyai tanggung jawab dan kemandirian di dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menemukan solusi atas permasalahan di bidang kepariwisataan
Daftar Pustaka:
  • Butler, Richards and Tom Hich (ed). 2007. Tourism and Indigenous Peoples. UK: Routledge
  • Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
  • Fennel, David A. 1999. Ecotourism an Introduction. London: Taylor & Francis.
  • Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
  • Gavin, Jack. 2005. Tourism and Cultural Change, Why Tourism Matters. Dublin: Cromwell Press
  • Ryan, Damian dan Calvin Jones. 2009. Understanding DIGITAL Marketing: Marketing strategies for engaging the digital generation. UK: Kogan Page
  • Marpaung, H. dan H, Bahar. 2002. Pengantar Pariwisata. Bandung: Alfabeta
  • Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV Andi Offset
  • Pendit, N.S. 2003. Ilmu Pariwisata sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita
  • UNWTO. 2014. Handbook on E-marketing for Tourism Destinations: Fully Revised and Extended Version 3.0. Madrid: World Tourism Organization
  • Soekadijo, R.G. 1996. Anatomi Pariwisata Memahami Pariwisata sebagai Systemic Linkage. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  • Yoeti, O.A. 1983. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa
  • Babu, S Sutheeshna, Sitikantha Mishra dan Bivraj Bhusan Parida. 2008. Tourism Development Revisited: Concepts, Issues and Paradigms. New Delhi: SAGE Publication Ltd
  • Hudson, Simon. 2008. Tourism and Hospitality Marketing: Global Perspective.London: SAGE Publications Ltd
  • Brown, Frances and Derek Hall. 2000. Tourism in Peripheral Areas Case Studies. Great Britain: Channel View Publication
  • Kartajaya, Hermawan dan Iwan Setiawan. 2014. WOW Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Guests cannot access this course. Please log in.