Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Hukum dan Etika Bisnis Pariwisata merupakan (1) matakuliah pengenalan yang memberikan pemahaman mendalam tentang aspek hukum dan etika yang terkait dengan operasi bisnis dalam industri pariwisata. Selesai mengikuti perkuliahan (2) mahasiswa diharapkan dapat memahami kerangka hukum yang mengatur operasi bisnis dalam industri pariwisata, termasuk peraturan-peraturan terkait perizinan, perpajakan, dan hubungan kerja di sektor pariwisata serta prinsip-prinsip etika yang terkait dengan praktik bisnis dalam industri pariwisata, termasuk tanggung jawab sosial perusahaan, perlindungan lingkungan, dan keadilan sosial. Dalam perkuliahan ini mahasiswa mampu (3) mendeskripsikan pengertian, prinsip, fungsi, tujuan dan ruang lingkup hukum kepariwisataan; memahami dan menganalisis jenis-jenis hukum kepariwisataan; mendeskripsikan konsep dasar etika bisnis; memahami dan menganalisis prinsip-prinsip etika bisnis; merancang strategi penerapan etika bisnis pariwisata. Pendekatan perkuliahan menggunakan (4) implementasi studi kasus dan atau proyek. Capaian pembelajaran mahasiswa dievaluasi melalui penyelesaian studi kasus dan atau proyek, partisipasi aktif mahasiswa dikelas, serta penilaian formatif pada tengah semester (UTS) dan akhir semester (UAS).
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Hukum dan Etika Bisnis Pariwisata merupakan (1) matakuliah pengenalan yang memberikan pemahaman mendalam tentang aspek hukum dan etika yang terkait dengan operasi bisnis dalam industri pariwisata. Selesai mengikuti perkuliahan (2) mahasiswa diharapkan dapat memahami kerangka hukum yang mengatur operasi bisnis dalam industri pariwisata, termasuk peraturan-peraturan terkait perizinan, perpajakan, dan hubungan kerja di sektor pariwisata serta prinsip-prinsip etika yang terkait dengan praktik bisnis dalam industri pariwisata, termasuk tanggung jawab sosial perusahaan, perlindungan lingkungan, dan keadilan sosial. Dalam perkuliahan ini mahasiswa mampu (3) mendeskripsikan pengertian, prinsip, fungsi, tujuan dan ruang lingkup hukum kepariwisataan; memahami dan menganalisis jenis-jenis hukum kepariwisataan; mendeskripsikan konsep dasar etika bisnis; memahami dan menganalisis prinsip-prinsip etika bisnis; merancang strategi penerapan etika bisnis pariwisata. Pendekatan perkuliahan menggunakan (4) implementasi studi kasus dan atau proyek. Capaian pembelajaran mahasiswa dievaluasi melalui penyelesaian studi kasus dan atau proyek, partisipasi aktif mahasiswa dikelas, serta penilaian formatif pada tengah semester (UTS) dan akhir semester (UAS).
Capaian Pembelajaran
- Memahami konsep kerangka hukum yang mengatur industri pariwisata secara global maupun lokal
- Memahami etika bisnis yang mengatur industri pariwisata secara lokal.
- Memahami etika bisnis yang mengatur industri pariwisata secara global
- Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius
- Gelgel, I Putu. Hukum Kepariwisataan dan Kearifan Lokal. Denpasar: Unhi Press.
- Isharyanto, dkk. 2019. Bahan Ajar Hukum Kepariwisataan dan Pluralisme Lokal. Yogyakarta: CV. Absolute Media
- Isharyanto, dkk. 2019. Hukum Kepariwisataan dan Negara Kesejahteraan. Bogor: Moeka Publishing.
- Wijaya, Made Hendra & Citra, Made Emy Andayani. 2021. Hukum Kepariwisataan. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Press
- Semara, I Made Trisna, dkk. 2022. Kode Etik Pariwisata. Denpasar: IPB Internatsional Press.
- Saliman, Abdul R, dkk. 2004. Esensi Hukum Bisnis Indonesia. Jakarta: Prenada Media
- August, R. 1993. International Business Law. Text, Cases, and Readings. New Jersey: Prentice-Hall, Inc
- Carolyn Hotchkiss. 1994. International Business Law. New York: McGraw-Hil
- Syahmin AK. 2006. Hukum Dagang Internasional (Dalam Kerangka Studi Analitis). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
- Reisinger, Yvette. 2009. International Tourism Cultures and Behavior. USA: Elsevier Inc
- Teacher: Desinta Dwi Rapita
- Teacher: Satrio Nata Mulia
- Enrolled students: 37
Guests cannot access this course. Please log in.