Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A6B-PLB
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang hakikat strategi pembelajaran, strategi pembelajaran makro dan mikro, model-model pembelajaran, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, perancangan pembelajaran, simulasi pembelajaran. Pada konteks evaluasi membahas pengukuran dan penilaian, ruang lingkup evaluasi pendidikan, penyusunan tes hasil belajar, analisis hasil tes, validitas, reliabelitas, analisis butir soal dan konvensi skor.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A6B-PLB
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang hakikat strategi pembelajaran, strategi pembelajaran makro dan mikro, model-model pembelajaran, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, perancangan pembelajaran, simulasi pembelajaran. Pada konteks evaluasi membahas pengukuran dan penilaian, ruang lingkup evaluasi pendidikan, penyusunan tes hasil belajar, analisis hasil tes, validitas, reliabelitas, analisis butir soal dan konvensi skor.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh tentang konsep dan hakikat strategi pembelajaran ABK
- Mahasiswa memiliki keterampilan menelaah Rencana Pembelajaran bagi ABK dengan kreativitas dan kemandirian
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh mengenai konsep pengukuran dan penilaian
- Mahasiswa mampu menginternalisasikan interpretasi hasil evaluasi peserta didik berkebutuhan khusus
- Mahasiswa mampu menginternalisasikan strategi pembelajaran dalam proses pengajaran ABK dalam berbagai layanan Pendidikan ABK
- UTS
- UAS
- Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
- Azwar, Sjaifuddin. 1997. Reliabelitas dan validitas, edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Cangolosi, James S. 1995. Merancang Tes untuk Mengukur Prestasi Siswa, Terjemahan Lilian Tedjakusuma. Bandung: ITB.
- Kerlinger, Fred N. 1990. Azas-azas Penelitian Behavioral, Penerjemah Landung R. Simatupang dan H.J. Koesoemanto. Yogyakarta: UGM Press.
- Zainul, Asmawi & Noeni Nasoetion. 1993. Penilaian hasil belajar. Pusat Antar Universitas
- Arends, R. I. 2007, Learning to Teach (Edisi Ketujuh). New York: MCGraw Hill Companies.
- Beattie, S., 2005, Active Teaching Strategies, Baker College.
- Daniel, M., & David, R. 2008. Efective Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Rohmat, Febrianto. 2012. Bahan Ajar Panduan Dosen Bahan Ajar Strategi pembelajaran. UM
- Harmin, M. & Toth, M. 2006. Inspiring Active Learning. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development
- Kaufman, D., Sutow, E. & Dunn, K., Three Approaches to Cooperative Learning in Higher Education, The Canadian Journal og Higher Education, Vol. XXVII, No. 2,3 p. 37-66
- Keyser, M. W., Active learning and cooperative learning: understanding the difference and using both style effectively, Research Strategies, Vol. 17, p. 35-44.
- Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Aktif Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
- Zakaria, E & Iksan, Z., 2007, Promoting Coorperative Learning in Science and Matematics Education: A Malaysian Perspective, Eurasia Journal of Matematics, Science & Technology Education, Vol. 3 (1) p. 35-39
- Cole, Peter & Lorna Chan. 1937.Methods and Strategies for special education. Prentice hall
- Majid, Abdul. 2012. Perencanaan pembelajaran. Rosda
- Tn.2008. Kapita selekta pembelajaran 2 SKS.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departmen Nasional
- Pannen, Paulina . 2007.Ketrampilan belajar.Departmen Pendidikan & Kebudayaan
- L, Richald Partin. 2012. Kiat nyaman mengajar didalam kelas. Indeks
- Roy Anderson.2008. Langkah pertama membuat siswa berkonsentrasi. Indeks
- Grafura, Lubis & Ari Wijayanti. 2012.Metode dan Strategi pembelajaran yang unik.AR-RUZZ Media
- Susilowati, dkk. 2009. Pembelajaran kelas rangkap 2 SKS. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departmen Nasional
- B, Hamzah. Uno. 2011. Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara
- Abimanyu, Soli dkk. 2008. Strategi pembelajaran 3 SKS. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departmen Nasional
- Teacher: Dimas Arif Dewantoro
- Enrolled students: 21
Guests cannot access this course. Please log in.