Enrolment options

Perspektif Pendidikan Inklusif
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A6A-PLB
Deskripsi:
Memberikan wawasan tentang landasan dan konsep pendidikan inklusif, pedoman implementasi pendidikan inklusif, identifikasi dan Asesmen ABK, Pengembangan Kurikulum, silabus dan RPP, Pengembangan Sarana dan Media Pembelajaran, Pengembangan layanan Kompensatoris, Monitoring dan Evaluasi Pendidikan Inklusif.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memahami tentang esensi pendidikan inklusif dan implementasi pendidikan inklusif
  • Mahasiswa mampu mengiden(fikasi dan Asesmen ABK, Pengembangan Kurikulum, silabus dan RPP, Pengembangan Sarana dan Media Pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu mengembangan layanan Kompensatoris, Monitoring dan Evaluasi Pendidikan Inklusif.
Daftar Pustaka:
  • Ediyanto, E., Sunandar, A., Hastu(, W. D., & Ramadhani, R. S. (2021). Landasan dan Konsep Pendidikan Inklusi: Program Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusi. Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom, 1(1), 1–55. Retrieved from haps://educa(oncenter.id/ace-press/index.php/ojs/ar(cle/view/6
  • Ediyanto, E., Sunandar, A., & Fitrasari, B. D. (2021). Manajemen Pendidikan Inklusi: Program Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusi. Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom, 1(1), 1–58. Retrieved from haps://educa(oncenter.id/acepress/index.php/ojs/ar(cle/view/7
  • Ediyanto, E., Hastu(, W. D., & Rizqian(, N. A. (2021). Iden(fikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus: Program Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusi. Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom, 1(1), 1–63. Retrieved from haps://educa(oncenter.id/ace-press/index.php/ojs/ar(cle/view/8
  • Ediyanto, E., Sunandar, A., & Iswahyudi, S. R. (2021). Pengembangan Kurikulum, Silabus dan RPP di Sekolah Inklusi: Program Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusi. Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom, 1(1), 1–84. Retrieved from haps://educa(oncenter.id/ace-press/index.php/ojs/ar(cle/view/9
  • Ediyanto, E., Hastu(, W. D., & Lailiyah, N. (2021). Pengembangan Sarana Prasarana dan Media Pembelajaran: Program Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusi. Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom, 1(1), 1–35. Retrieved from haps://educa(oncenter.id/ace-press/index.php/ojs/ar(cle/view/10
  • Octaviarnis, I., Ediyanto, & Sunandar, A. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah Inklusi. Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom, 1–96. Retrieved from haps://educa(oncenter.id/ace-press/index.php/ojs/ar(cle/view/12
  • Ediyanto., Sunandar, A., & Junaidi, A., R. (2021). Pendidikan Inklusif dan Guru Pembimbing Khusus di Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.
  • Allan J. 2005. Ac(vety seeking inclucion. Falmer press
  • Karen, A Waldron.2001.Introduc=on to a Special Educa=on the Inclusive classroom. USA : Delmar Publisher Inc.
  • __________.2001.Understanding and Responding to Children’s Needs in Inclusive Classrooms.USA : Unesco
  • Dean, J & David Smith.2004. Inclusion a School for All Students. United States of America :ITP An Interna(onal Thompson Publishing Company
  • . B, Keith. 2005. Inclusive Educa=on. Falmer Press
  • Suyanto, Mudsito Ak. 2012. Masa depan pendidikan inklusif.Kementrian dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
  • A.K. Mudjito & Harizal, M.Pd, dkk. 2012. Pendidikan Inklusif. Baduose Media
  • . Stubbs, Sue. 2002. Pendidikan inklusif ( ke=ka hanya ada sedikit sumber ). The Atlas Alliance
  • Takdir Muhammad Ilahi. 2013. Pendidikan Inklusif Konsep & Aplikasi. Amrus Media
  • S, Joyce Choate. 2004. Pengajaran inklusif yang sukses.Hellen Keller
  • Budi Satmoko Susanto. 2010. Sekolah alterna=f, mengapa =dak ?. Divan Pres
Guests cannot access this course. Please log in.