خيارات التسجيل

Pengembangan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan AUD
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B24-PAUD
Deskripsi:
Mata kuliah ini berisi materi tentang konsep, jenis-jenis, tujuan dan fungsi pembelajaran seni rupa; tipologi dan periodisasi kemampuan anak usia dini dalam membuat seni rupa; ruang lingkup kegiatan seni rupa serta unsur-unsur dan kriteria / prinsip dalam seni rupa; berbagai teknik dalam seni rupa dengan menggunakan berbagai macam bahan dan alat; ciri-ciri sikap kreatif, terampil merancang kerajinan tangan, praktik membuat kerajinan tangan, konsep kewirausahaan dalam bidang kerajinan tangan, pendekatan, strategi, metode, teknik, media dan evaluasi pembelajaran seni rupa dan kerajinan tangan; perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran seni rupa dan kerajinan tangan di PAUD; kegiatan pameran berbagai hasil praktek menggambar.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep seni dalam kaitan dengan pengembangan mototik halus AUD
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan konsep seni rupa, kemampuan dasar dan karakteristik seni rupa AUD
  • Mahasiswa memahami konsep, jenis-jenis, tujuan dan fungsi pembelajaran menggambar, mampu menganalisis tipologi dan periodisasi kemampuan anak usia dini dalam menggambar; ruang lingkup kegiatan menggambar serta unsur-unsur dan kriteria / prinsip menggambar, serta menguasai berbagai teknik menggambar denganmenggunakan berbagai macam bahan dan alat
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep jenis-jenis, tujuan dan fungsi pembelajaran kerajinan tangan bagi AUD, menganalisis unsur-unsur dan kriteria / prinsip pembuatan benda kerajinan, serta memiliki kreatifitas dalam merancang dan membuat berbagai benda kerajinan dengan berbagai teknik serta menggunakan berbagai macambahan dan alat
  • Mahasiswa mampu mengembangkan pendekatan, strategi, metode, teknik, media dan evaluasi pembelajaran seni rupa untuk PAUD
Daftar Pustaka:
  • Bujono, B. &Adi, W. 2012. Seni Rupa Indonesia. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta
  • Hajar Pamadhi. 2009. Pendidikan Seni Rupa untuk Anak Usia Dini. Makalah Seminar Nasional. Yogyakarta: UNY
  • Kustiawan, U. 2019. Pengembangan Seni Rupa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Malang
  • Mulyani, Y. &Gracinia, J. 2007. KemampuanFisik, Seni dan Manajemen Diri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  • Margono, E.T. & Aziz, A. 2010. Mari Belajar Seni Rupa. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
  • Sukimin. 2012. Seni Budaya. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
  • Sumantri. MS (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
  • Sujiono, Bambang. (2008) Metode pengembangan fisik. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak SD. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan
  • Al Hurwitz and Michael Day. 2007. Children and Thei Art: Methods for The Elementary School. USA: Thomson.
  • Diana Coholic. 2010. Arts Activities for Children and Young People in Need. London and Philadelphia: Jessica Kingsley Publishers.
  • J. Tumurung, Heti. 2006. Pembelajaran Kreativitas Seni Anak Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan
  • Kamtini,. 2006. Berkreativitas melalui Kerajinan Tangan dan Kesenian di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan
  • Rosemary AIthouse, et al. 2003. The Colors of Learning: Integrating The Visual Arts into The Early Childhood Curriculum. Columbia University: Teachers College Press.
  • Steve Herne, Sue Cox and Robert Watts, Ed. 2009. Readings in Primary Art Education. USA: Intellect Bristol.
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.