Enrolment options

Psikologi Pendidikan
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A7A-PAUD
Deskripsi:
Hakikat psikologi dan psikologi pendidikan, unsur-unsur psikologi pendidikan, metode mempelajari psikologi pendidikan, teori-teori belajar dan pembelajaran, aliran psikologi belajar behavioristik, aliran psikologi belajar kognitif, tipe dan gaya belajar, perbedaan individu dlm belajar, kesulitan2 belajar; penerapan teori2 dan prinsip-prinsip psikologi dalam pendidikan/pembelajaran
Capaian Pembelajaran
  • Mampu merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, dan pendekatan dalam psikologi pendidikan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif berdasarkan teori-teori psikologi pendidikan
  • Mampu mengembangkan diri secara multidisiplin dengan memelihara jaringan kerja sama dengan kolega, profesi lain, dan berbagai lembaga yang relevan dalam rangka menciptakan dan mengelola jasa profesi secara multidisiplin dalam bidang psikologi pendidikan.
Daftar Pustaka:
  • Suryabrata, Sumadi. 2018. Psikologi Pendidikan. Rajawali Press: Jakarta
  • Santrock, J.W. 2015. Psikologi Pendidikan (Edisi 2 cet. 6). Jakarta: Kencana
  • Slavin, E., Robert. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston, M.A: Pears011 Education, Inc.
  • J.E. 2004. Human Learning (4th Edition). Ohio : Pearson.
  • Joseph, Stephen. 2017. Positive Psychology in Practice: Promoting Human Flourishing in Work, Health, Education, and Everyday Life. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
  • Proctor, Carmel. 2017. Positive Psychology Interventions in Practice. Guernsey, UK: Springer
  • Schunk, H., Dale. 2012. Learning Theories: An Educational Perspective. Boston, MA: Allyn & Bacon.
  • Hidayah, Nur., Hardika., Hotifah, Yuliati., Susilawati, Sinta Yuni., Gunawan, Imam. 2017. Psikologi Pendidikan. Penerbit UM: Malang
  • Suralaga, F. 2021. Psikologi pendidikan: Implikasi dalam pembelajaran. Rajawali Press: Depok
  • Moore, T. C., Daniels, S., Taylor, K. L., Oliver, R. M., Chow, J., & Wehby, J. H. (2024). Supporting teachers’ effective classroom and behavior management: what do teachers tell us?. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 68(1), 60-69.
Guests cannot access this course. Please log in.