خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B24-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang: konsep dan ruang lingkup sosiologi dan antopologi dalam pendidikan; sistem sosial, proses sosial, dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat, konteks dan pendekatan sosiologi dan antorpologi pendidikan; pendekatan dan teori-teori sosiologi dan antopologi untuk memahami masalah pendidikan; dampak globalisasi terhadap pendidikan, peluang dan tantangan pendidikan global; Peran TIK dalam pembelajaran masa depan: personalisasi pembelajaran, pembelajaran adaptif, dan pembelajaran kolaboratif; peran, tantangan, peluang, dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran masa depan; mengembangkan strategi pembelajaran yang inklusif dan responsif terhadap keragaman budaya; mengembangkan kompetensi diri sebagai pendidik yang visioner, inovatif, dan berwawasan luas; menganalisis peran lembaga sekolah, orang tua dan masyarakat kaitannya dengan sosiologi pendidikan; Selain itu matakuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendiagnosis dan mengintervensi studi kasus sosiokultural untuk mengatasi masalah pendidikan
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B24-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang: konsep dan ruang lingkup sosiologi dan antopologi dalam pendidikan; sistem sosial, proses sosial, dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat, konteks dan pendekatan sosiologi dan antorpologi pendidikan; pendekatan dan teori-teori sosiologi dan antopologi untuk memahami masalah pendidikan; dampak globalisasi terhadap pendidikan, peluang dan tantangan pendidikan global; Peran TIK dalam pembelajaran masa depan: personalisasi pembelajaran, pembelajaran adaptif, dan pembelajaran kolaboratif; peran, tantangan, peluang, dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran masa depan; mengembangkan strategi pembelajaran yang inklusif dan responsif terhadap keragaman budaya; mengembangkan kompetensi diri sebagai pendidik yang visioner, inovatif, dan berwawasan luas; menganalisis peran lembaga sekolah, orang tua dan masyarakat kaitannya dengan sosiologi pendidikan; Selain itu matakuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendiagnosis dan mengintervensi studi kasus sosiokultural untuk mengatasi masalah pendidikan
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu merumuskan konsep, ruang lingkup, sistem, proses, nilai-nilai, konteks dan pendekatan sosiologi dan antropologi pendidikan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif berdasarkan teori-teori sosiologi dan antropologi pendidikan
- Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh perubahan sosiaL, budaya, dan kebhinekaa global dalam pendidikan, mengkaji masalah-masalah pendidikan dari perspektif sosiologis dan antropologis, serta mengembangkan strategi dan teknologi pendidikan yang berkeadilan dan responsif terhadap keberagaman sosial
- Atmoko, A. 2015. Landasan Sosial Budaya Bimbingan Berbasis Pemecahan Masalah. Malang: Universitas Negeri Malang
- Christiansen, E. T., Kuure, L., Mørch, A., & Lindström, B. (2013). Problem-based Learning for the 21st Century. Denmark: Aalborg University.
- Saleh, F. A & Mundzir, H.S. 2006. Sosiologi Pendidikan.Malang.Fakultas Ilmu Pendidikan
- Soekanto, S. 1990. Sosiologi,Suatu Pengantar. Jakarta.CV Rajawali
- Taneko, S. B. 1984. Struktur dan Proses Sosial, suatu pengantar sosiologi pembangunan. Jakarta.CV.Rajawali.
- المعلم: Kukuh Miroso Raharjo
- الطلاب المسجلون: 27
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.