خيارات التسجيل

Penulisan Artikel Jurnal
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A24-BK
Deskripsi:
Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menyusun artikel sebagai bentuk publikasi ilmiah dari riset dan pengembangan yang telah dilaksanakan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional. Target mata kuliah ini adalah mahasiswa menguasai berbagai teknik penulisan artikel hasil penelitian yang relevan dengan paradigma atau kerangka kerja penelitian yang diusulkan sebagai penelitian disertasi bidang bimbingan dan konseling. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini, mahasiswa secara interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin melakukan telaah teori-teori dan artikel-artikel jurnal hasil penelitian untuk menyusun artikel hasil penelitian. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan task-based learning melalui kajian terhadap teori dan hasil riset yang mendukung hasil penelitian mahasiswa. Produk pembelajaran berupa manuscript artikel ilmiah dalam konteks keilmuan bimbingan dan konseling berkaitan dengan penelitian disertasi mahasiswa. Produk tersebut di submit pada jurnal internasional bereputasi secara mandiri maupun dengan melibatkan/bantuan Tim Percepatan Publikasi UM.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menguasai prosedur penulisan gaya selingkung jurnal international
  • Mahasiswa mampu mengelola sumber rujukan berbasis aplikasi
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi reputasi jurnal internasional
  • Mahasiswa mampu menuliskan laporan penelitian atau kajian analisis literatur dalam bentuk artikel
  • Mahasiswa mampu menuntaskan proses submit pada jurnal internasional yang diakui tim TPP UM.
Daftar Pustaka:
  • Chin, B.A. 2004. How to Write a Great Research Paper. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
  • Creswell, J. W., 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston, MA: Pearson Education, Inc.
  • Flamez, B., Lenz, A. S., & Balkin, R. S. 2017. A Counselor’s Guide to the Dissertation Process: Where to Start and How to Finish. Alexandria: American Counseling Association.
  • Hidayah, N. 2012. Process-Audit dalam Penyelenggaraan Pendidikan Akademik Jenjang S-1 Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 17(2), 129-139
  • Kornuta, H.M., & Germaine, R.W. 2019. A Concise Guide to Writing a Thesis or Dissertation: Educational Research and Beyond (2nd Ed). Albrighton: Rouletdge.
  • Miller, A. B. 2009. Finish Your Dissertation Once and For All: How to Overcome Psychological Barriers, Get Results and Move on with Your Life. Washington DC: American Psychological Association.
  • Myers, L., Jerome & Arnold D. Well. 2003. Research Design and Statistical Analysis (2nd ed). Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers
  • Rahman, D. H. 2019. The Development and Validation of the Thesis-Writing Procrastination Scale. In International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (pp. 65-70). RedWhite Press.
  • Rahman, D. H., Setyosari, P., Atmoko, A., & Hidayah, N. 2019. The Development of the Thesis-Writing Perfectionism Inventory. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(10), 643-648.
  • Universitas Negeri Malang, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang
  • المعلم: Nur Hidayah
  • الطلاب المسجلون: 12
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.