Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Garis-garis besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) konsep evaluasi, penilaian, dan pengukuran, 2) fungsi evaluasi, 3) taksonomi dalam evaluasi, 4) teknik penilian, 5) penyusunan alat evaluasi/penilaian, 6) analisis instrumen evaluasi hasil belajar, 7) penilaian hasil belajar oleh pemerintah dan satuan pendidikan, 8) praktik menyusun hasil evaluasi belajar, 9) analisis hasil evaluasi belajar.
Capaian Pembelajaran
  • Menjadikan diri sebagai pembelajar mandiri dan sepanjang
  • Menjelaskan konsep, prosedur, serta ragam penilaian otentik yang sesuai dengan amanat kurikulum yang berlaku
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu merealisasikan perilaku belajar mengajar yang berasaskan pada pembangunan karakter bangsa
Daftar Pustaka:
  • Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
  • Corebina, AD. 2007. Asesemen Autentik, Materi Acuan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Malang: BPSG Rayon 15
  • Gronlund, N. E. 1976. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Co.
  • Kurikulum 2004. Pedoman Khusus Pengambangan Sistem Penilaian Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial, Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen, Dorektorat SLTP.
  • Kurikulum 2004. Pedoman Penilaian Kelas, Departemen Pendidikan Nasional, Kepala Pusat Kurikulum.
  • Sujana, N. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya.
  • Tim Pengembang. Penilaian Pembelajaran Pengetahuan Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen, Direktorat SLTP.