Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Untuk mata kuliah Pengembangan Sumber dan Media Belajar Sosiologi menggunakan model pembelajaran berbasis project base learning. Dimana mahasiswa dapat melihat kebutuhan dari sekolah dengan merancang dan mengembangkan media pembelajaran sebagai bentuk pengembangan mata pelajaran sosiologi. Diama tahap perlukuliahan ini terdiri dari tahapan kegiatan pembelajaran diantaranya adalah menentukan masalah atau pertanyaan yang harus di pecahkan dengan penuh tanggung jawab serta memiliki sikap evaluasi secara berkelanjutan. Pada tahap akhir mahasiswa dapat memiliki media pembelajaran dalam bentuk produk yang sudah dilakukan evaluasi bersama guru sosiologi sebagai bentuk layak tidaknya media pembelajaran yang dirancang dapat memenuhi kebutuhan dari siswa dan sekolah. Tata Muka: 1) orientasi materi kuliah, 2) diskusi kelas dengan berbagai metode belajar konstruktivistik, 3) curah pendapat, 4) FGD, dan 5) presentasi Non Tatap Muka: 1) kuliah daring 2) tugas individu produksi media pembelajaran, 3) tugas kelompok membuat laporan hasil uji coba media pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Untuk mata kuliah Pengembangan Sumber dan Media Belajar Sosiologi menggunakan model pembelajaran berbasis project base learning. Dimana mahasiswa dapat melihat kebutuhan dari sekolah dengan merancang dan mengembangkan media pembelajaran sebagai bentuk pengembangan mata pelajaran sosiologi. Diama tahap perlukuliahan ini terdiri dari tahapan kegiatan pembelajaran diantaranya adalah menentukan masalah atau pertanyaan yang harus di pecahkan dengan penuh tanggung jawab serta memiliki sikap evaluasi secara berkelanjutan. Pada tahap akhir mahasiswa dapat memiliki media pembelajaran dalam bentuk produk yang sudah dilakukan evaluasi bersama guru sosiologi sebagai bentuk layak tidaknya media pembelajaran yang dirancang dapat memenuhi kebutuhan dari siswa dan sekolah. Tata Muka: 1) orientasi materi kuliah, 2) diskusi kelas dengan berbagai metode belajar konstruktivistik, 3) curah pendapat, 4) FGD, dan 5) presentasi Non Tatap Muka: 1) kuliah daring 2) tugas individu produksi media pembelajaran, 3) tugas kelompok membuat laporan hasil uji coba media pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi ragam sumber media belajar yang relevan melalui telaah kurikulum yang digunakan pada mata pelajaran sosiologi pada tingaka SMA dengan menerapkan perkembangan IPTEK.
- Mahasiswa mampu mengkreasikan konseptual melalui kebutuhan sekolah dalam merancang dan meciptakan media pembelajaran sosiologi sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan menggunakan teknologi.
- Mahasiswa dapat menciptakan media pembelajaran dengan cara mengkreasikan pendekatan dan stategi pembelajaran dengan menerapkan konsep TPACK (techno-pedagogical content knowledge) dalam menerapkan praktek pembelajaran disekolah sesuai dengan kebutuhan.
- Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Heinich ,Robert, Michael Molenda, James D. Russell, dan Sharon E. Smaldino. 2001. Instructional Media and Technologies for Learning (7th Edition).Prentice Hall.
- Kadaruddin. 2016. Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Deepublish: Yogyakarta.
- Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Smaldino, Sharon E., Russel, Deborah L. Lowther, Clif Mims, dan James D. Russel. 2012. Instructional Technology and Media For Learning. USA: Pearson.
- Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
- Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. 1993. Instructional Media and the New Technologies of Instruction, 4th ed. New York: Macmillan Publishing Company.
- Smaldino, S.E., Russel, J.D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning. 8th Edition. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
- Teacher: Desy Santi Rozakiyah
- Enrolled students: 40
Guests cannot access this course. Please log in.