Enrolment options

Wawasan dan Praksis Sosial
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami konsep dasar dan ruang lingkup Ilmu Sosial khususnya dalam konteks kehidupan bermasyarakat yang meliputi pranata sosial dan peran sosial
  • Mampu mengidentifikasi persoalan sosial dan berperan serta dalam memecahkan permasalahan sosial melalui dialektika antara wawasan konseptual teoritik dengan realitas sosial berbasis metode riset sosial dasar
Daftar Pustaka:
  • Ahmadi, A. (2003). Ilmu sosial dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  • Henslin, J. M., Possamai, A. M., Possamai-Inesedy, A. L., Marjoribanks, T., & Elder, K. (2015). Sociology: A down to earth approach. Pearson Higher Education AU.
  • Ritzer, G. (1992). Sosiologi Berparadigma Ganda
  • Soelaiman, M. M. (2001). Ilmu sosial dasar: teori dan konsep ilmu sosial. Refika Aditama
  • Soekamto (ed). (2018). Buku bahan ajar Wawasan Ilmu Sosial. Fakultas Ilmu Sosial UM
  • Tumanggor, R., Kholis Ridlo, S. A., Si, M., & H Nurochim, M. M. (2017). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Kencana
  • Supardan, Dadang. (2011). Pengantar Ilmu Sosial (Sebuah Kajian Pendekatan Struktural). Jakarta: PT Bumi Aksara
  • Albert, H. 2004. Risalah Pemikiran Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Budimansyah, Dasim. 2009. Inovasi Pembelajaran: Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pascasarjana, UPI
  • Fernandes, W & Tandon, Rajesh. 1993. Riset Partisipatoris, Riset Pembebasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  • Habermas, J. 2006. Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat. Yogyakarta: Kreasi Wacana
  • Horkheimer, M dan Adorno, T.W. 2002. Dialektika Pencerahan. Yogyakarta: IRCiSoD
  • Jauy, M. 2005. Sejarah Mazhab Frankfut. Imajinasi Dialektis dalam Perkembangan Teori Kritis. Yogyakarta: Kreasi Wacana
  • Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: Kritik Kebudayaan.
  • Kelner, D. 2003. Teori Sosial Radikal. Yogyakarta: Syarikat
  • Margono. 2012. Model-model Pendidikan Nilai. Makalah disajikan dalam Lokakarya Silabus Jurusan Sejarah UM
  • Marcuse, H. 2004. Rasio dan Revolusi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • McCarthy, T. 2006. Teori Kritis Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kreasi Wacana
  • Newmann, F.M. 1975. Education for Citizen Action. California: McCuthan Publishing
  • Nugroho, H. 2000. Menumbuhkan Ide-ide Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • The world we want foundation. 2012. Creat the World You Want - A Social Action Project Guide.(Online) (http://www.theworldwewantfoundation.org/two-examples-social-action-projects) diakses 15 Mei 2013
Guests cannot access this course. Please log in.