Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
- Mampu memahami konsep dasar dan ruang lingkup Ilmu Sosial khususnya dalam konteks kehidupan bermasyarakat yang meliputi pranata sosial dan peran sosial
- Mampu mengidentifikasi persoalan sosial dan berperan serta dalam memecahkan permasalahan sosial melalui dialektika antara wawasan konseptual teoritik dengan realitas sosial berbasis metode riset sosial dasar
- Ahmadi, A. (2003). Ilmu sosial dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Henslin, J. M., Possamai, A. M., Possamai-Inesedy, A. L., Marjoribanks, T., & Elder, K. (2015). Sociology: A down to earth approach. Pearson Higher Education AU.
- Ritzer, G. (1992). Sosiologi Berparadigma Ganda
- Soelaiman, M. M. (2001). Ilmu sosial dasar: teori dan konsep ilmu sosial. Refika Aditama
- Soekamto (ed). (2018). Buku bahan ajar Wawasan Ilmu Sosial. Fakultas Ilmu Sosial UM
- Tumanggor, R., Kholis Ridlo, S. A., Si, M., & H Nurochim, M. M. (2017). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Kencana
- Supardan, Dadang. (2011). Pengantar Ilmu Sosial (Sebuah Kajian Pendekatan Struktural). Jakarta: PT Bumi Aksara
- Albert, H. 2004. Risalah Pemikiran Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Budimansyah, Dasim. 2009. Inovasi Pembelajaran: Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pascasarjana, UPI
- Fernandes, W & Tandon, Rajesh. 1993. Riset Partisipatoris, Riset Pembebasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- Habermas, J. 2006. Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat. Yogyakarta: Kreasi Wacana
- Horkheimer, M dan Adorno, T.W. 2002. Dialektika Pencerahan. Yogyakarta: IRCiSoD
- Jauy, M. 2005. Sejarah Mazhab Frankfut. Imajinasi Dialektis dalam Perkembangan Teori Kritis. Yogyakarta: Kreasi Wacana
- Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: Kritik Kebudayaan.
- Kelner, D. 2003. Teori Sosial Radikal. Yogyakarta: Syarikat
- Margono. 2012. Model-model Pendidikan Nilai. Makalah disajikan dalam Lokakarya Silabus Jurusan Sejarah UM
- Marcuse, H. 2004. Rasio dan Revolusi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- McCarthy, T. 2006. Teori Kritis Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kreasi Wacana
- Newmann, F.M. 1975. Education for Citizen Action. California: McCuthan Publishing
- Nugroho, H. 2000. Menumbuhkan Ide-ide Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- The world we want foundation. 2012. Creat the World You Want - A Social Action Project Guide.(Online) (http://www.theworldwewantfoundation.org/two-examples-social-action-projects) diakses 15 Mei 2013
- Teacher: Nanda Meiji
- Enrolled students: 40
Guests cannot access this course. Please log in.