Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
AB-AB
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas tentang multikulturalisme dalam prespektif sosiologi, bagaimana kelompok masyarakat multikurturalisme, globalisasi dan multikultural. Pemahaman kebangsaan Indonesia; sistem perundangan dan ketatanegaraan Republik Indonesia; dinamika pelaksanaan UUD 1945, Filsafat, Etika, dan Implementasi Ideologi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa, dan negara
Capaian Pembelajaran
  • Menjadikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan terkait dengan pemahaman multikulturalisme yang memperhatikan dan menerapkan nilai bangsa Indonesia.
  • Menginternalisasi nilai-nilai dan etika akademik.
  • Menginternalisasi nilai-nilai dan etika akademik.
  • Terampil dalam meimplemntasikan nila-nilai multikulturalisme untuk kehidupan masyarakat yang majemuk
Daftar Pustaka:
  • Banks and Banks (Eds) (2010) Multicultural Education: Issues and Perspectives. Ney Jersey: Willey
  • Banks (Ed) (2009) The Routledge International Companion to Multicultural Education. London: Routledge
  • Race (2011) Multiculturalism and Education. London: Continuum
  • DomNwachukwu (2010) An Introduction to Multicultural Education: From Theory to Practice. London: Rowman and Littefield
  • Sutarno. (2007). Pendidikan Multikultural. Jakarta: Depdiknas
  • Mahfud, Choirul. (2006). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta; Pustaka Pelajar
  • Naim, Ngainum dan Achmad Sauqi. (2008). Pendidikan Multikultural, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  • Sunarto, Kamanto dkk. (2004). Multicultural Education in Indonesia and Southeast Asia Stepping into the Unfamiliar. Jakarta: UI