Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A22-A22
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian sebagai dasar dalam penulisan tesis dengan pendekatan kuantitatif. Topi-topik yang dibahas mencakup filosofi penelitian, research problem, research question, penelusuran pustaka, theoritical or conceptual framework dan pengembangan hipotesis penelitian, desain penelitian, pengukuran variabel dan instrumen penelitian, teknik sampling dan pengumpulan data analisis data (pengantar analisis multivariat), telaah kritis artikel hasil penelitian kuantitatif dari jurnal-jurnal yang relevan, dan penyusunan usulan penelitian kuantitatif dalam wujud ide-ide pokok (pra-proposal penelitian)
Capaian Pembelajaran
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A22-A22
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian sebagai dasar dalam penulisan tesis dengan pendekatan kuantitatif. Topi-topik yang dibahas mencakup filosofi penelitian, research problem, research question, penelusuran pustaka, theoritical or conceptual framework dan pengembangan hipotesis penelitian, desain penelitian, pengukuran variabel dan instrumen penelitian, teknik sampling dan pengumpulan data analisis data (pengantar analisis multivariat), telaah kritis artikel hasil penelitian kuantitatif dari jurnal-jurnal yang relevan, dan penyusunan usulan penelitian kuantitatif dalam wujud ide-ide pokok (pra-proposal penelitian)
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengidentifikasi permasalahan di bidang Pendidikan Bisnis dan Manajemen, baik untuk pendidikan formal (Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Tinggi), maupun untuk Pendidikan Non Formal.
- Memiliki kecakapan untuk mendesain berbagai rancangan penelitian kuantitatif yang relevan dengan permasalahan yang telah diidentifikasi, dan menyusun paparan dalam bentuk desain operasional penelitian.
- Memiliki kecakapan di bidang pengembangan instrumen penelitian, penggunaan beragam teknik analisis data yang relevan dengan desain penelitian, dan berbagai kecakapan lain yang diperlukan dalam matakuliah metode penelitian kuantitatif.
- Memiliki kecakapan untuk merencanakan, mengorganisasikan, dan melaksanakan kegiatan penelitian empirik berdasarkan rancangan desain penelitian.
- Memiliki kecakapan untuk mengkaji, menganalisis dan mereviu artikel-artikel hasil penelitian bidang Pendidikan Bisnis dan Manajemen yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah, menungkan dalam bentuk laporan tertulis, dan menyajikan hasil kajian.
- Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. K., & Walker, D. A. (2014). Introduction to research in education (9th ed.). Belmont, CA: Wadworth, Cengage Learning.
- Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches (4th Ed.) Singapore: Sage.
- Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research methods for business: A skill-building approach (6th ed.). Chichester, UK: John Wiley and Sons.
- Tuckman, B. W., & Harper, B. E. (2012). Conducting educational research (6th ed.). Lanham, MD: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.
- Malhotra, N. K. (2010). Marketing research: An aplied orientation (6th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
- Hair, Jr., J. F., Black, W.C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis: A global perspective (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
- Artikel jurnal dari jurnal-jurnal yang relevan: misalnya Academy of Management Journal, Academy of Management Review, Accounting Education, American Educational Research
- Journal, Educational Psychology, Journal of Accounting Education, Journal of Education For Business, Journal of Business Ethics, Journal of Educational Psychology, Teaching and Teacher Education
- Teacher: F. Danardana Murwani
- Enrolled students: 11
Guests cannot access this course. Please log in.