Enrolment options

Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
A1C-BK
Deskripsi:
Mata kuliah ini berisi kajian tentang konsep dasar kesehatan mental; ciri-ciri kepribadian sehat dan tidak sehat; faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental; keterkaitan budaya dengan kesehatan mental yang meliputi konsep gangguan perilaku dari berbagai teori dan isu-isu budaya dalam mengenali gangguan perilaku; bentuk-bentuk penyimpangan perilaku yang meliputi ciri-ciri penyimpangan perilaku, bentuk-bentuk penyimpangan perilaku, faktor penyebab penyimpangan perilaku, dan dampak penyimpangan perilaku; mekanisme pertahanan diri yang meliputi konsep dan jenis mekanisme pertahanan diri, penggunaan mekanisme pertahanan diri yang wajar; konsep stres dan frustasi yang meliputi pengertian dan karakteristik stres, pengertian dan karakteristik frustasi, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari; konsep manajemen stres yang meliputi pentingnya manajemen stres, strategi manajemen stres, dan merancang strategi manajemen stres; menyusun program BK sesuai kaidah kesehatan mental yang meliputi aplikasi dan contohnya dalam layanan BK, serta mereview program BK di sekolah dari perspektif kesehatan mental.
Capaian Pembelajaran
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • -
Daftar Pustaka:
  • Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas
  • Gysbers, N. C., & Henderson, P. 2011. Comprehensive Guidance Programs that works II. Alexandria, VA: American Counseling Association.
  • Kemendikbud.2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  • Kemendikbud.2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  • Kemendikbud.2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  • Permendikbud RI No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
  • McAuliffe, G & Eriksen, K. 2000. Preparing Counselors and Therapists: Creating Constructivist and Developmental Program. Virginia Beach, VA: ACES
  • Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Nomor 22 tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  • Santoso, Djoko B. 2010. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: Jurusan Bimbingan dan Konseling
  • Syamsu Yusuf L.N. 2005. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah/Madrasah. Bandung : CV Bani Qureys.
Guests cannot access this course. Please log in.