Enrolment options

Bahasa Inggris Pariwisata I
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mahir di dalam menggunakan Bahasa Inggris untuk mendukung dan mengenal dunia pariwisata serta semua aspek bisnis dan pengelolaan yang terlibat di dalamnya. Pembelajaran dipusatkan pada pemakaian Bahasa Inggris dalam bidang/bisnis pariwisata, baik secara lisan maupun tulisan. Keterampilan yang diajarkan meliputi membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing) tentang topik-topik yang terkait dengan bidang dan industri pariwisata sehingga mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang lengkap yang berhubungan dengan bisnis pariwisata. Perkuliahan menggabungkan metode ekspositoris, presentasi kelompok dan group projects. Asesmen unutuk mengetahui pencapaian kompetensi tersebut dilakukan tes maupun non-tes, yaitu ujian lisan dan tertulis, performance presentasi kelompok dan video group project. Mahasiswa juga dituntut untuk mengerjakan tugas-tugas membaca referensi, brosur-brosur wisata serta menonton video-video yang berhubungan dengan industri pariwisata.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki tanggung jawab sosial, profesionalisme, etika, serta adaptif dan inovatif terhadap perkembangan pariwisata dengan kemampuan literasi sehingga berdaya saing tinggi
  • Mengaplikasikan teori kepariwisataan dengan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan, kearifan lokal, serta penggunaan Teknologi Tepat Guna dalam pengembangan dan pengelolaan pariwisata
Daftar Pustaka:
  • Rivers, W.M., (2018). Teaching foreign-language skills. University of Chicago Press
  • Jordan, R.R. (1990). Academic Writing Course. London. Harper Collins Publisher
  • Langacker's, Ronald W. (1973). Language and its Structure. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc
  • Langan, J., (2013). College writing skills with readings. Tata McGraw-Hill Education
  • McNamara, D.S. ed., (2012). Reading comprehension strategies: Theories, interventions, and technologies. Psychology Press
  • Quirk, R., (2007). A University Grammar of English. Pearson Education India
  • Thomson, A.J & A.V. Martinet. (1986). A Practical English Grammar. London: Oxford University Press
  • Wishon, George. & Burks, Julia M. (1988). Let’s Write English. New York: American Book Company
  • Leo, Sutanto. (2003). English for Professional Hotel Communication. Jakarta: Gramedia
  • Leo, Sutanto. (2001). English for Professional Accommodation Services . Jakarta: Gramedia
  • Jacob, M. & Strutt, P. (1997). English for International Tourism. Addison Wesley: Longman Limited
  • Rajamangala University of Technology Rattanakosin. (2003). English for Hotel Business Bangkok: Rajamangala University of Technology Rattanakosin
  • Sutisna, Nina M. (2008). Hotel Akomodasi. Jakarta: Kesaint Blanc
  • Peter strutt, margareth o'keeffe. (2013). English for International Tourism. Pearson Education
  • Trish Stott, Roger Holt. (1991). 1st Class English for Tourism. UK: Oxford university press
  • Azar, Betty Scrampfer. (2003). Fundamentals of English Grammar. New York: Longman
  • Keith Harding, Paul Henderson. (1995). High Season: English for Hotel and Tourist Industry. UK: Oxford university press
  • Adams, V., (2016). An introduction to modern English word-formation. Routledge
Guests cannot access this course. Please log in.