Enrolment options

Inovasi Pembelajaran Berbasis Online
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B23-TEP
Deskripsi:
Fungsi utama teknologi pendidikan adalah memfasilitasi belajar (to facilitate learning) dan meningkatkan kinerja (to improve performance) dengan menerapkan teori dan praktek etis berbagain proses dan sumber untuk belajar. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dewasa ini, kedua fungsi tersebut dapat dilakukan dengan memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi yang disebut dengan istilah e-learning. Oleh karena itu, salah satu kompetensi seorang magister teknologi pendidikan adalah mampu merancang (to deisgn), mengembangkan (to develop), melaksanakan (to implement), dan mengevaluasi (to evaluate) pembelajaran dalam konteks lingkungan elearning (e-learning environment). Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk: 1) mengkaji esensi pembelajaran online serta kaitanya dengan teori belajar dan pembelajaran terkait; 2) mengenal lebih dalam spektrum pembelajaran online dalam konteks pembelajaran di kelas (persekolahan) maupun peningkatan kinerja (organisasi); 3) mengkaji berbagai model desain pembelajaran online yang ada; dan 4) menerapkan salah satu model untuk mendesain dan mengembangkan suatu pembelajaran online (untuk persekolahan dan atau organisasi), secara individu sesuai dengan pilihannya masing-masing.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu merancang dan menciptakan lingkungan belajar digital yang efektif dan interaktif dengan menerapkan prinsip-prinsip desain instruksional dan teori pembelajaran berbasis teknologi.
  • Mahasiswa mampu memilih dan menggunakan lingkungan belajar yang tepat dengan memanfaatkan berbagai platform teknologi (misalnya, Learning Management System, aplikasi kolaboratif) untuk mendukung berbagai gaya belajar dan kebutuhan.
  • Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan desain pembelajaran berbasis teknologi yang mengintegrasikan teori pembelajaran, pedagogi konten, dan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan interaktif.
  • Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip penelitian pendidikan dalam pengelolaan dan perbaikan lingkungan belajar, berdasarkan data hasil evaluasi dan umpan balik.
  • Mahasiswa mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, yang mendukung beragam peserta didik dengan berbagai karakteristik dan kebutuhan, serta mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi dan metode pembelajaran terbaru.
Daftar Pustaka:
  • Allen, M. (2007). Designing Successful eLearning: Forget What You Know About Instructional Design and Do Something Interesting. CA: Pfeiffer.
  • Allen, M. (2016). Michael Allen’s Guide to e-Learning: Building Interactive, Fun and Effective Learning Program for Any Company. NJ: John Wiley and Sons inc.
  • Alman, S.; Tomer, C.; Lincoln, M. L. (). Desigining Online Learning. CA: Libraries Unlimited.
  • Arbaugh, J. B. (2015). Online and Blended Business Education for the 21st Century: Current Research and Future Directions.
  • Bath, D.; Bourke, J. (2010). Getting Started with Blended Learning. Australia: Griffith Institute for Higher Education.
  • Bergmann, J.; Sams, A. (2012). Flipped Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. USA: International Society for Technology in Education.
  • Bersin, J. (2004). The Blended Learning Book: Best Practices, Proven Methodologies and Lessons Learned. CA: Pfeiffer.
  • Boettcher, J. V.; Conrad, R. M. (2010). The Online Teaching: Survival Guide Simple and Practical Pedagogical Tips. CA: Jossey-Bass.
  • Bonk, C. J.; Zhan, K. (2008). Empowering Online Learning: 100+ Activities for Readings, Reflecting, Displaying, & Doing. CA: Jossey-Bass.
  • Carliner, S.; Shank, P. (2008). The E-learning Handbook: Past Promises, Present Challenges. CA: Pfeiffer.
  • Carman, M. J. (2002) Blended Learning Design: Five Key Ingredients. KnowledgeNet.
  • Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI, Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Direktorat Pembelajaran Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  • Cheung, S. K. S., et. al. (ed). (2018), Blended Learning: Enhancing Success. Proceedings 11th International Conference, ICBL 2018 Osaka, Japan, July 31 – August 2, 2018. USA: Springer International Publishing.
Guests cannot access this course. Please log in.