Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B23-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian serta pengembangan dalam bidang pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran, serta teknik pengembangan inovasi pendidikan berbasis teknologi. Fokus utama adalah pada kemampuan menyusun karya ilmiah yang memenuhi standar akademik dan etika profesional, serta mempublikasikan hasil penelitian yang relevan dengan peningkatan kualitas pembelajaran dan kinerja pendidikan. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya validitas, reliabilitas, serta refleksi kritis dalam setiap tahap proses penelitian dan pengembangan.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B23-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian serta pengembangan dalam bidang pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran, serta teknik pengembangan inovasi pendidikan berbasis teknologi. Fokus utama adalah pada kemampuan menyusun karya ilmiah yang memenuhi standar akademik dan etika profesional, serta mempublikasikan hasil penelitian yang relevan dengan peningkatan kualitas pembelajaran dan kinerja pendidikan. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya validitas, reliabilitas, serta refleksi kritis dalam setiap tahap proses penelitian dan pengembangan.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu merancang dan melakukan penelitian yang berkaitan dengan penerapan teknologi pendidikan, dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif yang tepat untuk menjawab pertanyaan penelitian.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi metode penelitian yang digunakan dalam studi sebelumnya serta menginterpretasikan hasil penelitian secara kritis untuk menentukan efektivitas teknologi pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar.
- Mahasiswa mampu menerapkan metode penelitian untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan penelitian mengenai strategi dan teknologi yang dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menggunakan data penelitian sebagai dasar dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan penerapan teknologi dalam konteks pendidikan, baik dalam skala kelas maupun institusi.
- Mahasiswa mampu menyusun laporan penelitian yang jelas, terstruktur, dan berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah, termasuk analisis data dan pembahasan tentang implikasi hasil penelitian terhadap praktik pembelajaran.
- Ujian AKhir Semester
- Ujian tengah semester
- Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
- Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology. New York, NY: Springer.
- Warger, T., & Dobbin, G. (2009). Learning environments: Where space, technology, and culture converge. EDUCAUSE Learning Initiative.
- Land, S., & Jonassen, D. (Eds.). (2012). Theoretical foundations of learning environments. Routledge.
- Imms, W., Cleveland, B., & Fisher, K. (Eds.). (2016). Evaluating learning environments: Snapshots of emerging issues, methods and knowledge. Springer.
- Dziuban, C. D., Picciano, A. G., Graham, C. R., & Moskal, P. D. (2015). Conducting research in online and blended learning environments: New pedagogical frontiers. Routledge.
- Carneiro, R., Lefrere, P., Steffens, K., & Underwood, J. (Eds.). (2012). Self-regulated learning in technology enhanced learning environments (Vol. 5). Springer Science & Business Media.
- Zajda, J. (2021). Globalisation and education reforms: Creating effective learning environments (Vol. 25). Springer Nature.
- Kelly, K., & Zakrajsek, T. D. (2023). Advancing online teaching: Creating equity-based digital learning environments. Taylor & Francis.
- Bloom, C. P., & Loftin, R. B. (Eds.). (2020). Facilitating the development and use of interactive learning environments. CRC Press.
- Jonassen, David, Michael J. Spector, Marcy Driscoll, M. David Merrill, Jeroen van Merrienboer, and Marcy P. Driscoll. Handbook of research on educational communications and technology: a project of the association for educational communications and technology. Routledge, 2008.
- Teacher: Nyoman Sudana Degeng
- Enrolled students: 33
Guests cannot access this course. Please log in.