Enrolment options

Sains Dasar Berkelanjutan
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
MK Sains Dasar Berkelanjutan meliputi pembahasan mengenai alam semesta dari berbagai perspektif ilmu alam. Mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep sains dan prosedur saintifik dasar untuk menemukan, menganalisis masalah dan fenomena alam secara cermat dan kritis, sehingga dapat menghargai ciptaan Tuhan YME dan melestarikannya sebagai upaya turut mendukung capaian 17 poin tujuan global berkelanjutan (SDGs).
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menjelaskan sains, sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains
  • 2. Menjelaskan, dan mencari sumber-sumber dan metodologi pencarian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivisme, empirisme, sintesis, pandangan-pandangan modern (Rasionalisme kritis, Popper, Kontekstualisme, Kuhn)
  • 3. Menjelaskan kebenaran ilmiah, membedakan hukum dan teori serta menerapkan hukum dan teori untuk prediksi ilmiah
  • 4. Menganalisis konteks ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di masa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sains, sains berkelanjutan
  • 5. Menerapkan sains di masyarakat yang meliputi masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Teknologi- Masyarakat
  • 6. Mendefinisikan keberlanjutan dan mengidentifikasi tantangan keberlanjutan utama terkait daya dukung ekosistem terhadap penyediaan kebutuhan manusia, serta menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan dalam konteks global
  • 7. Mengidentifikasi, bertindak, dan mengevaluasi tindakan profesional dan pribadi berbasis pengetahuan dan apresiasi interkoneksi antara perspektif ekonomi, lingkungan, dan sosial
Daftar Pustaka:
  • 1. Wonorahardjo, S. 2009. Dasar-Dasar Sains, Menciptakan Masyarakat Sadar Sains, Indeks.
  • 2. Chalmers, A.F. 1982. What is This Thing Called Science?, St. Lucia:.University of Queensland Press
  • 3. Darmodjo, H. 1986. Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Penerbit Karunika-Universitas Terbuka.
  • 5. Keraf S. & Dua, M. 2001. Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius.
  • 7. Kuhn, T.S. 1996. The Structure of Scientific Revolutions, London: The University of Chicago Press.
  • 6. Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan, Jakarta: LP3ES.
  • 9. Suriasumantri, J. S. 1999. Ilmu dalam Perspektif, Yayasan Obor Indonesia.
  • 10. Suriasumantri, J. S.1999. Pengantar Filsafat Ilmu. Pustaka Sinar Harapan.
  • 4. Gie, T. L. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Penerbit Liberty.
  • 8. Leahy, L. H. 2002. Manusia, Dari Pengetahuan ke Kebijaksanaan, Yogyakarta: Kanisius.
  • 11. Tobias, S. & Tomizuka, C.T. 1992. Breaking the Science Barrier, New York.
  • 12. Miller, G.T. & Spoolman, S.E. 2016. Environmental Sciences. Fiftenth Edition, Cengage Learning, Canada.
Guests cannot access this course. Please log in.