خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A25-A25
Deskripsi:
-Penjelasan dan argumentasi dalam diskursus supervisi pembelajaran, mulai dari sejarah, prinsip, fungsi dan peranan supervisi pembelajaran. Penerapan analisis pandangan, teori, pendekatan dan model supervisi pembelajaran termasuk pandangan, pendekatan dan model yang dikembangkan. berdasarkan kebutuhan pembelajaran, kategori guru dan tenaga kependidikan yang disupervisi yang mengerucut pada peningkatan mutu pembelajaran. Pngembangan berbagai rancangan program dan evaluasi supervisi pembelajaran. Pengembangan sikap positif terhadap supervisi pembelajaran sebagai salah satu instrumen untuk meningkatkan kualitas Pendidikan
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A25-A25
Deskripsi:
-Penjelasan dan argumentasi dalam diskursus supervisi pembelajaran, mulai dari sejarah, prinsip, fungsi dan peranan supervisi pembelajaran. Penerapan analisis pandangan, teori, pendekatan dan model supervisi pembelajaran termasuk pandangan, pendekatan dan model yang dikembangkan. berdasarkan kebutuhan pembelajaran, kategori guru dan tenaga kependidikan yang disupervisi yang mengerucut pada peningkatan mutu pembelajaran. Pngembangan berbagai rancangan program dan evaluasi supervisi pembelajaran. Pengembangan sikap positif terhadap supervisi pembelajaran sebagai salah satu instrumen untuk meningkatkan kualitas Pendidikan
Capaian Pembelajaran
- Mampu memberikan penjelasan dan argumentasi dalam diskursus supervisi pembelajaran, mulai dari sejarah, prinsip, fungsi dan peranan supervisi dalam meniningkatkan kapabilitas pendidika dan tenaga kependidikan
- Mampu menerapkan analisis pandangan, teori, pendekatan dan model supervisi pembelajaran termasuk pandangan, pendekatan dan model yang dikembangkan. berdasarkan kebutuhan pembelajaran, kategori guru dan tenaga kependidikan yang disupervisi yang mengerucut pada peningkatan mutu pembelajaran
- Mampu mengembangkan berbagai rancangan program dan evaluasi supervisi pembelajaran.
- Mempunyai sikap positif terhadap supervisi pembelajaran sebagai salah satu instrumen untuk meningkatkan kualitas Pendidikan.
- Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Benard, Janine M. & Goodyear, Rodney K. 2014. Fundamentals of Clinical Supervision. Harlow, England: Pearson.
- Burhanuddin, Sutopo, H, Imron A., Maisyaroh, dan Ulfatin, N. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Rosindo
- Cambell, D& Mason, B. (Eds). 2002. Perspectives on Supervision. London: Karnac
- Garland, Virginia. E & Tadeja, Chester. 2013. Educational Leadership and Techonology: Preparing School Administration for Digital Era. New York: Routledge.
- Glickman, C.D. 2002. Leadership for Learning: How to Help Teachers Succeed. Virginia, Alexandria: ASCD.
- Glickman, C. D. , Gordon, S.P., and Ross-Gordon, J.M. 2013. Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. 6th Edition. Boston: Ally and Bacon, Inc.
- Martinez-Pons, M. 2001. The Psychology of Teaching and Learning: A Three Step Approach. London: Continuum.
- Sergiovanni, T. and Starrat, R.J. 1983. Supervisions: Human Perspective. New York: Mc. Graw Hill Book Company.
- Wiles Kimball. 1987. Supervision for Better School. New York: Prentice Hall, Inc.
- Zepeda, Sally J. and Ponticell, Judith A (Eds). 2019. The Wiley Handbook of Educational Supervision. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
- Sejumlah artikel tentang supervisi pembelajaran dan supervisi pendidikan
- المعلم: Mai syaroh
- الطلاب المسجلون: 8
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.