Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C23-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah Teknologi Pedagogi membahas konsep dan praktik terkait pengelolaan efektif sumber daya, teknologi, metode serta lingkungan dalam konteks pembelajaran. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang bagaimana mengelola menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, personal, dan adaptif, yang dapat memenuhi kebutuhan individu pebelajar dan mendukung tujuan pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C23-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah Teknologi Pedagogi membahas konsep dan praktik terkait pengelolaan efektif sumber daya, teknologi, metode serta lingkungan dalam konteks pembelajaran. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang bagaimana mengelola menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, personal, dan adaptif, yang dapat memenuhi kebutuhan individu pebelajar dan mendukung tujuan pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan pedagogi konten yang sesuai dengan materi ajar dalam penggunaan teknologi pendidikan untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar.
- Mahasiswa mampu mengembangkan praktik reflektif dalam penggunaan teknologi pembelajaran dengan mengevaluasi efektivitas strategi pengajaran yang diterapkan dan mengoptimalkan penggunaan teknologi.
- Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan desain pembelajaran berbasis teknologi yang mengintegrasikan teori pembelajaran, pedagogi konten, dan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan interaktif.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil belajar siswa berdasarkan strategi pedagogi konten yang diterapkan, serta memodifikasi pendekatan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik.
- Mahasiswa mampu bekerja sama dengan sesama pengajar dan peserta didik dalam penggunaan teknologi pembelajaran, menciptakan lingkungan kolaboratif yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran.
- Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
- Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology. New York, NY: Springer.
- Warger, T., & Dobbin, G. (2009). Learning environments: Where space, technology, and culture converge. EDUCAUSE Learning Initiative.
- Land, S., & Jonassen, D. (Eds.). (2012). Theoretical foundations of learning environments. Routledge.
- Imms, W., Cleveland, B., & Fisher, K. (Eds.). (2016). Evaluating learning environments: Snapshots of emerging issues, methods and knowledge. Springer.
- Dziuban, C. D., Picciano, A. G., Graham, C. R., & Moskal, P. D. (2015). Conducting research in online and blended learning environments: New pedagogical frontiers. Routledge.
- Carneiro, R., Lefrere, P., Steffens, K., & Underwood, J. (Eds.). (2012). Self-regulated learning in technology enhanced learning environments (Vol. 5). Springer Science & Business Media.
- Zajda, J. (2021). Globalisation and education reforms: Creating effective learning environments (Vol. 25). Springer Nature.
- Kelly, K., & Zakrajsek, T. D. (2023). Advancing online teaching: Creating equity-based digital learning environments. Taylor & Francis.
- Bloom, C. P., & Loftin, R. B. (Eds.). (2020). Facilitating the development and use of interactive learning environments. CRC Press.
- Jonassen, David, Michael J. Spector, Marcy Driscoll, M. David Merrill, Jeroen van Merrienboer, and Marcy P. Driscoll. Handbook of research on educational communications and technology: a project of the association for educational communications and technology. Routledge, 2008.
- Pengajar: Henry Praherdhiono Dr., S.Si, M.Pd
- Pengajar: ARAFAH HUSNA S.Pd.,M.Med.Kom
- Pelajar terdaftar: 36
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.