Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A23-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas pengembangan dan penerapan inovasi dalam program pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan dengan memanfaatkan teknologi terkini. Mahasiswa akan mempelajari strategi inovatif dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar serta pelatihan. Fokus utamanya adalah pada pemanfaatan teknologi untuk menciptakan program yang adaptif, interaktif, dan berkelanjutan. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya pengelolaan program yang terintegrasi dengan standar kualitas dan etika profesional guna memastikan program yang inklusif dan mampu memenuhi kebutuhan peserta didik dan pelatih di berbagai konteks pendidikan dan pelatihan.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A23-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas pengembangan dan penerapan inovasi dalam program pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan dengan memanfaatkan teknologi terkini. Mahasiswa akan mempelajari strategi inovatif dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar serta pelatihan. Fokus utamanya adalah pada pemanfaatan teknologi untuk menciptakan program yang adaptif, interaktif, dan berkelanjutan. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya pengelolaan program yang terintegrasi dengan standar kualitas dan etika profesional guna memastikan program yang inklusif dan mampu memenuhi kebutuhan peserta didik dan pelatih di berbagai konteks pendidikan dan pelatihan.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu bekerja secara kolaboratif dalam tim lintas disiplin untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan proyek pembelajaran berbasis teknologi, dengan memanfaatkan keterampilan komunikasi dan kerjasama yang efektif.
- Mahasiswa mampu memimpin dan mengelola proyek teknologi pendidikan, termasuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan memastikan keberhasilan implementasi proyek pembelajaran yang menggunakan teknologi secara optimal.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi dampak instruksi berbasis teknologi terhadap hasil belajar dan pengalaman peserta didik, menggunakan data evaluasi dan teknik penilaian yang sesuai untuk menentukan keberhasilan dan area yang perlu diperbaiki.
- Mahasiswa mampu menerapkan keterampilan profesional dalam pengembangan solusi teknologi pembelajaran, termasuk perencanaan strategis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan berbasis data untuk meningkatkan efektivitas instruksi.
- Mahasiswa mampu merefleksikan praktik kepemimpinan dan kolaborasi mereka selama proses proyek, mengidentifikasi kekuatan dan area peningkatan untuk pengembangan profesional di masa depan.
- Ujian Akhir Semester
- Ujian tengah semester
- 1. Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
- 2. Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology. New York, NY: Springer.
- 3. Warger, T., & Dobbin, G. (2009). Learning environments: Where space, technology, and culture converge. EDUCAUSE Learning Initiative.
- 4. Land, S., & Jonassen, D. (Eds.). (2012). Theoretical foundations of learning environments. Routledge.
- 5. Imms, W., Cleveland, B., & Fisher, K. (Eds.). (2016). Evaluating learning environments: Snapshots of emerging issues, methods and knowledge. Springer.
- 6. Dziuban, C. D., Picciano, A. G., Graham, C. R., & Moskal, P. D. (2015). Conducting research in online and blended learning environments: New pedagogical frontiers. Routledge.
- 7. Carneiro, R., Lefrere, P., Steffens, K., & Underwood, J. (Eds.). (2012). Self-regulated learning in technology enhanced learning environments (Vol. 5). Springer Science & Business Media.
- 8. Zajda, J. (2021). Globalisation and education reforms: Creating effective learning environments (Vol. 25). Springer Nature.
- 9. Kelly, K., & Zakrajsek, T. D. (2023). Advancing online teaching: Creating equity-based digital learning environments. Taylor & Francis.
- 10. Bloom, C. P., & Loftin, R. B. (Eds.). (2020). Facilitating the development and use of interactive learning environments. CRC Press.
- 11. Jonassen, David, Michael J. Spector, Marcy Driscoll, M. David Merrill, Jeroen van Merrienboer, and Marcy P. Driscoll. Handbook of research on educational communications and technology: a project of the association for educational communications and technology. Routledge, 2008.
- Pengajar: Dedi Kuswandi Dr. , M.Pd
- Pengajar: Citra Kurniawan
- Pelajar terdaftar: 31
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.