Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai nilai keanekaragaman hayati yang dilihat dari aspek objektif dan aspek sumberdaya. Konsep keanekaragaman hayati ditinjau secara objektif diantaranya meliputi; genetika, sistematik, dan ekosistem. Peninjauan keanekaragaman hayati sebagai sumber daya dikaji dari segi manfaat, keberadaan, jaminan masa depan, ekonomi, politis dan aspek lainnya. Kajian dikonsentrasikan pada Biodiversitas Tropika Indonesia dan cara mengukur nilai keanekaragaman hayati suatu objek. Matakuliah ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran tingginya potensi dari keanekaragaman hayati tropis yang dikaitkan dengan nilai ekonomi dan dalam pemanfaatannya memperhatikan aspek konservasi alam yang berkelanjutan. Selain itu, mata kuliah ini dapat mendukung ketercapaian pembangunan (SDGs) untuk poin 12, 13, 14, dan 15.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai nilai keanekaragaman hayati yang dilihat dari aspek objektif dan aspek sumberdaya. Konsep keanekaragaman hayati ditinjau secara objektif diantaranya meliputi; genetika, sistematik, dan ekosistem. Peninjauan keanekaragaman hayati sebagai sumber daya dikaji dari segi manfaat, keberadaan, jaminan masa depan, ekonomi, politis dan aspek lainnya. Kajian dikonsentrasikan pada Biodiversitas Tropika Indonesia dan cara mengukur nilai keanekaragaman hayati suatu objek. Matakuliah ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran tingginya potensi dari keanekaragaman hayati tropis yang dikaitkan dengan nilai ekonomi dan dalam pemanfaatannya memperhatikan aspek konservasi alam yang berkelanjutan. Selain itu, mata kuliah ini dapat mendukung ketercapaian pembangunan (SDGs) untuk poin 12, 13, 14, dan 15.
Capaian Pembelajaran
- 1. Mahasiswa dapat memahami definisi dan sejarah keanekaragaman hayati tropika
- 2. Mahasiswa dapat menganalisis nilai keanekaragaman hayati di sekitarnya
- 3. Mahasiswa dapat mengevaluasi peran dari tipe-tipe biodiversitas tropis
- 4. Mahasiswa dapat menganalisis peran bioteknologi terhadap upaya konservasi dan perbaikan ekosistem
- 4. Barlow J et al. 2018. The Future of hyperdiverse tropical ecosystem. Nature 559, 517–526 (2018). https://doi.org/10.1038/s41586-018-0301-1
- 5. Wallace RL (Eds). 2022. Frontiers in Ecology and Environment. Washington DC (US): Ecological Sosciety of America (ESA)
- 6. Sanka I et al. 2023. Synthetic biology in Indonesia: Potential and projection in a country with mega biodiversity. Biotechnology Notes. 4 : 41-48. ISSN 2665-9069, https://doi.org/10.1016/j.biotno.2023.02.002
- 7. Dewi BS et al. 2017. Biodiversitas flora dan fauna : di arboretum hutan pendidikan konservasi terpadu tahura Wan Abdul Rahman. Yogyakarta (ID): Plantaxia
- 1. Lekevicius E. 2022. Biodiversity: Maintenance, Function, origin, and Self-Organisation into Life-Support Systems. Gewerbestrasse (CH): Springer Cham
- 2. [IntechOpen]. 2022. Biodiversity in Ecosystems - Linking Structure and Function. Editor: Blanco J, Yueh-Hsin Lo, Roy S. Ebook (PDF) ISBN: 978-953-51-4226-3
- 3. Burton H. 2021. Coral Reefs: Science and Survival: A conservation with Charles Sheppard.Toronto (CA): Open Agenda Publishing
- Pengajar: FATCHUR ROHMAN
- Pelajar terdaftar: 24
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.