Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-PROG
Deskripsi:
Matakuliah metodologi penelitian membekali Mahasiswa pengetahuan teoritis dan praktis yang membahas tentang konsep dan teori penelitian kuantitatif, kualitatif dan tindakan kelas, langkah-langkah penelitian, metode ilmiah, variabel, jenis data, hipotesis dan asumsi penelitian, landasan teori; rancangan penelitian, penelitian expost facto dan eksperimental, rancangan penelitian eksperimental, populasi dan sampling, instrumen dan teknik/metode pengumpulan data, teknik analisis data, generalisasi hasil penelitian, rancangan PTK, dan rancangan penelitian pengembangan, prinsip-prinsip penulisan karya ilmiah dalam usulan penelitian dan aplikasinya dalam melakukan penelitian pada bidang pendidikan jasmani dan olahraga dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-PROG
Deskripsi:
Matakuliah metodologi penelitian membekali Mahasiswa pengetahuan teoritis dan praktis yang membahas tentang konsep dan teori penelitian kuantitatif, kualitatif dan tindakan kelas, langkah-langkah penelitian, metode ilmiah, variabel, jenis data, hipotesis dan asumsi penelitian, landasan teori; rancangan penelitian, penelitian expost facto dan eksperimental, rancangan penelitian eksperimental, populasi dan sampling, instrumen dan teknik/metode pengumpulan data, teknik analisis data, generalisasi hasil penelitian, rancangan PTK, dan rancangan penelitian pengembangan, prinsip-prinsip penulisan karya ilmiah dalam usulan penelitian dan aplikasinya dalam melakukan penelitian pada bidang pendidikan jasmani dan olahraga dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengusai konsep dan teori dasar metodologi penelitin dalam pendidkan jasmani
- Mampu menguasai konsep dasar landasan teori dan peranan teori dalam penelitian
- Mampu menguasai metodologi penelitian
- Baumgartner, T.A. & Hensley, L.D. 2006. Conducting and Reading Research in Health and Human Performance. 4th. Santiago: McGraw Hill Companies
- Best, J.W. and Kahn, J.V., 2016. Research in education. Pearson Education India
- Ary, D., Jacobs, L.C., Irvine, C.K.S. and Walker, D., 2018. Introduction to research in education. Cengage Learning
- Djuddin, T. 2013. Statistika Parametrik. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Gratton, C., & Jones, I. 2004. Research Methods for Sport Study. London: Rout-ledge Taylor and Francis Group
- Heryanto, N. 2017. Statistika Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
- Cahnmann-Taylor, M. and Siegesmund, R. eds., 2017. Arts-based research in education: Foundations for practice. Routledge
- Hoy, W.K. and Adams, C.M., 2015. Quantitative research in education: A primer. Sage Publications
- Paulsen, M.B., 2018. Higher Education: Handbook of Theory and Research: Volume 34. Springer
- Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia
- O’Donoghue, P. 2010. Research Methodes For Sports Performance. London: Routledge
- Sugiono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
- Wardani, IGAK. & Wihardit, K. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuk
- Winarno, M.E. 2012. Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang Press
- Shipman, M., 2017. The Organisation and Impact of Social Research: Six Original Case Studies in Education and Behavioural Sciences. Routledge
- Walliman, N., 2017. Research methods: The basics. Routledge
- Caraballo, L., Lozenski, B.D., Lyiscott, J.J. and Morrell, E., 2017. YPAR and critical epistemologies: Rethinking education research. Review of Research in Education, 41(1), pp.311-336
- Salīte, I., Drelinga, E., Iliško, D., Oļehnoviča, E. and Zariņa, S., 2016. Sustainability from the transdisciplinary perspective: An action research strategy for continuing education program development. Journal of Teacher Education for Sustainability, 18(2), pp.135-152
- Hartas, D. ed., 2015. Educational research and inquiry: Qualitative and quantitative approaches. Bloomsbury Publi
- Sang, Y. and Li, R., 2017. Research on the effective ways of improving the teaching system of physical education theory in universities. Journal of Sports Science, 5, pp.285-288
- Teacher: Febrita Heynoek
- Enrolled students: 4
Guests cannot access this course. Please log in.