Enrolment options

Sosio-Psikologi Pendidikan Jasmani
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar tentang sosiologi olahraga sehingga Mahasiswa mampu mengklasifikasikan tentang fenomena sosial dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Berdasarkan hal tersebut Mahasiswa mampu menganalisis tentang fenomena sosial dalam olahraga dan pendidikan jasmani, Mahasiswa mampu menyimpulkan fenomena sosial dengan olahraga dan pendidikan jasmani dan Mahasiswa mampu menyusun kajian tentang fenomena olahraga dan pendidikan jasmani di masyarakat.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis dan memahami tentang sejarah psikologi olahraga, definisi dan objek psikologi olahraga
  • Menganalisis dan memahami objek psikologi olahraga
  • Memahami, menganalisis dan menyusun pemecahan permasalahan konsep kepemimpinan dalam olahraga
  • Memahami, menganalisis dan menyusun pemecahan permasalahan konsep hubungan olahraga dengan budaya masyarakat lokal
  • Memahami, menganalisis dan menyusun pemecahan permasalahan agresi dalam olahraga
  • Memahami, menganalisis dan menyusun pemecahan permasalahan hubungan olahraga dengan rasisme dan politik
Daftar Pustaka:
  • Heine, S.J., 2015. Cultural psychology: third international student edition. WW Norton & company
  • Brown, R.I., 2017. Psychology and education of slow learners. Routledge
  • Tshube, T. and Hanrahan, S.J., 2016. Sport psychology in Botswana: A prime breeding ground. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 14(2), pp.126-134.
  • Barkoukis, V., Lazuras, L. and Tsorbatzoudis, H. eds., 2015. The psychology of doping in sport. Routledge.
  • Hutter, R.V., van der Zande, J.J., Rosier, N. and Wylleman, P., 2018. Education and training in the field of applied sport psychology in Europe. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 16(2), pp.133-149.
  • Ten Hoor, G.A., Plasqui, G., Ruiter, R.A., Kremers, S.P., Rutten, G.M., Schols, A.M. and Kok, G., 2016. A new direction in Psychology and Health: Resistance exercise training for obese children and adolescents.
  • Weinberg, R.S. and Gould, D., 2018. Foundations of Sport and Exercise Psychology, 7E. Human Kinetics.
  • Schinke, R.J., Stambulova, N.R., Lidor, R., Papaioannou, A. and Ryba, T.V., 2016. ISSP position stand: Social missions through sport and exercise psychology. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 14(1), pp.4-22.
  • Schinke, R.J., McGannon, K.R. and Smith, B. eds., 2016. Routledge international handbook of sport psychology. Routledge.
  • Garn, A.C. and Wallhead, T., 2015. Social goals and basic psychological needs in high school physical education. Sport, Exercise, and Performance Psychology, 4(2), p.88.
  • Duchesne, S. and McMaugh, A., 2018. Educational psychology for learning and teaching. Cengage AU.
  • Schinke, R.J. and Hackfort, D. eds., 2016. Psychology in professional sports and the performing arts: Challenges and strategies. Routledge
  • Holmström, S., Lindberg, E. and Jansson, J., 2016. Entrepreneurial education embedded in sport psychology: a Swedish case study. Journal of Education and Training, 3(1), pp.126-138
  • Martin, J.J., 2017. Handbook of disability sport and exercise psychology. Oxford University Press.
  • Ward, J., 2016. Psychology applied to education. Cambridge University Press.
Guests cannot access this course. Please log in.